8 Teratas Manfaat Jengkol

8 Teratas Manfaat Jengkol

Sangratuherbal.com –  Pada aratikel kali ini akan membahas tentang  Manfaat Jengkol  yah 😉 😉 ,  Kuliner di Indonesia terkenal memiliki berbagai macam bahan yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah jengkol. Meskipun bagi beberapa orang jengkol bukan merupakan makanan favorit karena baunya, ternyata makan jengkol dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat jengkol ketika kita memutuskan untuk mengonsumsinya secara rutin?

Manfaat Jengkol
Manfaat Jengkol

Berikut beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh

1. Mengatasi sembelit bagi ibu hamil

Seorang wanita yang hamil, sering mengalami sembelit atau konstipasi. Salah satu penyebabnya adalah kurang serat yang dikonsumsi setiap harinya. Jengkol, memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat menjadi alternatif makanan penyuplai serat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi jengkol sesuai jumlah yang disarankan, niscaya sembelit atau konstipasi akan berkurang.

2. Mencegah kerapuhan tulang serta menguatkan tulang dan gigi

Tulang dan gigi yang rapuh menjadi masalah bagi setiap orang. Kurangnya asupan kalsium menjadi salah satu penyebabnya. Jengkol sendiri mempunyai kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi begitu juga dengan kandungan kalsium dan fosfor. Untuk itu, dengan mengonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup bisa memberikan asupan kalsium bagi tulang dan gigi kita agar tetap kuat.

Manfaat Jengkol 2
Manfaat Jengkol 2

3. Membantu mencegah penyakit lambung

Kebiasaan menunda makan menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit lambung, misalnya maag. Ternyata, menurut sebuah penelitian yang diuji cobakan pada tikus yang mengonsumsi jengkol, dapat melindungi lambung tikus tersebut dari penyakit. Namun, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sesuai porsi per hari dan tidak berlebihan agar dapat merasakan manfaat jengkol dengan maksimal.

4. Membantu mencegah anemia

Jengkol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini sendiri memiliki peran yang penting bagi tubuh untuk mengatasi dan mencegah kekurangan produksi sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang berfungsi menyuplai oksigen dan nutrisi ke sel, maka akan memicu tubuh akan terlihat lemah, mudah lelah, dan akhirnya akan berujung pada penyakit anemia.

5. Membantu mengontrol kadar dari gula darah

Manfaat mengonsumsi jengkol selanjutnya adalah gula darah yang terkontrol. Hal ini menjadi alasan mengapa jengkol sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berbeda dengan karbohidrat yang terkandung dalam nasi, jengkol justru mengandung glukosa ringan yang dapat dicerna dengan baik sehingga aman bagi penderita diabetes.

6. Mengatasi pembuluh darah yang menyempit

Penyaki jantung yang dialami oleh beberapa orang sering diakibatkan dari pembuluh darah yang menyempit sehingga aliran darah menuju jantun menjadi terhambat. Jengkol di sini, memiliki kandungan mineral yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah agar sirkulasi darah kembali normal. Namun, agar hasilnya optimal, jengkol tidak boleh dimasak terlalu matang.

7. Membantu merampingkan perut yang buncit

Salah satu penyebab seseorang tidak merasa percaya diri adalah perut yang buncit. Perut buncit ini diakibatkan oleh buang air besar yang tidak lancar sehingga sisa makanan menumpuk di saluran pencernaan. Dengan kandungan serat pada jengkol yang cukup tinggi, ia dapat membantu memperlancar BAB, sehingga dapat turut membantu untuk merampingkan perut buncit.

8. Sebagai sumber antioksidan

Ketika tubuh kekurangan antioksidan, maka radikal bebas dan racun dari luar tubuh akan mudah masuk dan memicu berbagai penyakit. Untuk itu, sebaiknya mulai saat ini kita rutin mengonsumsi jengkol, mengapa? Hal ini karena kandungan protein dalam jengkol jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau, kedelai, maupun sumber protein nabati lainnya.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!